3.3.a.6 Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid
3.3.a.6 Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang
Berdampak Pada Murid
1. Apa
yang menarik bagi anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak
pada murid ?
Untuk membuat suatu program
kegiatan yang akan dijalankan tentu kita harus mengetahui dan menggali potensi
sumber daya apa saja yang ada, apa saja yamng dibutuhkan untuk dapat
menjalankan program tersebut. Selain itu kita perlu membuat analisis apa saja
dampak positif dan perlu memperhitungkan dampak negatifnya. Merancang Program
yang berdampak langsung pada murid tentu banyak sekali namun sebagai guru/
pendidik membuat atau merancang sebuah pembelajaran kelas tentu akan langsung
berdampak pada murid.. Dalam pelaksanaannya kita hendaknya mempertimbangkan
hasil evaluasi dari kegiatan sebelumnya dengan model 4F (Fact, Feeling,
Finding, Future).
Dengan mengenali potensi dan
sumber daya yang sudah dimiliki maka tentu saja kita akan lebih mudah dalam membuat/mengembangkan
suatu program dengan hasil yang lebih maksimal karena kita tidak lagi
mengandalkan sumber daya dari luar.
2. Apa
yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang
pengelolaan program yang berdampak pada murid?
Hal yang paling mengejutkan
yang saya amati, pelajari dan saya temukan dalam proses pembelajaran tentang
pengelolaan program yang berdampak langsung pada murid adalah;
Saya dapat melihat potensi dan
kemampuan murid yang lebih banyak dan bervariasi.
Menjadikan murid sebagai
sebagai pusat pembelajaran dan menumbuhkan kemandirian serta cara berpikir yang
lebih baik.
Murid terlihat lebih bisa
mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran dan perasaannya.
Pembelajaran lebih menarik
dan menyenangkan
3. Apa
yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari
materi ini?
Konsep Monitoring Evaluasi
dan dua belas prinsip dasarnya yang saya inginkan dalam penerapan program
pengelolaan yang berdampak pada murid. Monitoring dan evaluasi perlu
disinergikan dengan kegiatan atau program yang sedang berjalan dengan melakukan
perencanaan, tindakan, dan refleksi. 12 prinsip dasar Kertsy Hobson yang dapat
digunakan sebagai pedoman dalam melakukan monitoring dan evaluasi , yaitu :
1. Mengapa
perlu melakukan monitoring dan evaluasi?
2. Menyetujui
prinsip-prinsip yang menjadi pedoman.
3. Menentukan
program atau proyek yang perlu dimonitor.
4. Menentukan
siapa saja yang terlibat dalam setiap tahapan monitoring dan evaluasi.
5. Menentukan
topik kunci dan pertanyaan untuk melakukan investigasi.
6. Mengklarifikasi
sasaran, tujuan, aktivitas, dan langkah-langkah untuk berubah.
7. Mengidentifikasi
informasi yang perlu diketahui.
8. Memutuskan
bagaimana informasi diperoleh.
9. Menilai
kontribusi/pengaruh yang diberikan.
10. Menganalisis
dan menggunakan informasi.
11. Menjelaskan
data
12. Etika dan
proteksi data
4. Apa
yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?
5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.
Dalam mewujudkan program
yang berdampak pada murid demi terciptanya lingkungan belajar yang menyenangkan dengan hasil yang memuaskan
tentu saya mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak diataranya Kepala
sekolah,rekan guru, murid dan orang tua dan masyarakat sekitar.
Komentar
Posting Komentar