3.3.a.6 Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid

 

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid

1.      Apa yang menarik bagi anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid ?

Untuk membuat suatu program kegiatan yang akan dijalankan tentu kita harus mengetahui dan menggali potensi sumber daya apa saja yang ada, apa saja yamng dibutuhkan untuk dapat menjalankan program tersebut. Selain itu kita perlu membuat analisis apa saja dampak positif dan perlu memperhitungkan dampak negatifnya. Merancang Program yang berdampak langsung pada murid tentu banyak sekali namun sebagai guru/ pendidik membuat atau merancang sebuah pembelajaran kelas tentu akan langsung berdampak pada murid.. Dalam pelaksanaannya kita hendaknya mempertimbangkan hasil evaluasi dari kegiatan sebelumnya dengan model 4F (Fact, Feeling, Finding, Future).

Dengan mengenali potensi dan sumber daya yang sudah dimiliki maka tentu saja kita akan lebih mudah dalam membuat/mengembangkan suatu program dengan hasil yang lebih maksimal karena kita tidak lagi mengandalkan sumber daya dari luar.

2.      Apa yang mengejutkan  yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Hal yang paling mengejutkan yang saya amati, pelajari dan saya temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak langsung pada murid adalah;

Saya dapat melihat potensi dan kemampuan murid yang lebih banyak dan bervariasi.

Menjadikan murid sebagai sebagai pusat pembelajaran dan menumbuhkan kemandirian serta cara berpikir yang lebih baik.

Murid terlihat lebih bisa mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran dan perasaannya.

Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan

3.      Apa yang berubah  yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Konsep Monitoring Evaluasi dan dua belas prinsip  dasarnya yang saya inginkan dalam penerapan program pengelolaan yang berdampak pada murid. Monitoring dan evaluasi perlu disinergikan dengan kegiatan atau program yang sedang berjalan dengan melakukan perencanaan, tindakan, dan refleksi. 12 prinsip dasar Kertsy Hobson yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam melakukan monitoring dan evaluasi , yaitu :

1.      Mengapa perlu melakukan monitoring dan evaluasi?

2.      Menyetujui prinsip-prinsip yang menjadi pedoman.

3.      Menentukan program atau proyek yang perlu dimonitor.

4.      Menentukan siapa saja yang terlibat dalam setiap tahapan monitoring dan evaluasi.

5.      Menentukan topik kunci dan pertanyaan untuk melakukan investigasi.

6.      Mengklarifikasi sasaran, tujuan, aktivitas, dan langkah-langkah untuk berubah.

7.      Mengidentifikasi informasi yang perlu diketahui.

8.      Memutuskan bagaimana informasi diperoleh.

9.      Menilai kontribusi/pengaruh yang diberikan.

10.  Menganalisis dan menggunakan informasi.

11.  Menjelaskan data

12.  Etika dan proteksi data

4.      Apa yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Dalam prosesnya membuat sebuah program pembelajaran yang langsung berdampak pada murid dengan pendekatan BAGJA saya melibatkan semua pihak mulai dari murid, sekolah dan orangtua sehingga program yang di buat dan direncanakan bisa terlaksana , berjalan dengan baik karena mendapat dukungan dari semua pihak. Dengan pendekatan BAGJA kita dapat mengidentifikasi apa saja sumber daya dan kekuatan yang ada untuk dimaksimalkan dengan cara menyusun program yang diawali dari perumusan tujuan berupa pertanyaan sekolah yang diimpikan hingga memetakan potensi yang mungkin bisa dioptimalkan dengan bercermin pada evaluasi hasil kegiatan sebelumnya sebagai gambaran penyusunan program terutama dalam mengantisipasi segala kemungkinan resiko yang akan terjadi, sehingga kita siap apabila rencana yang dijabarkan belum menemui hasil yang diharapkan dengan menyiapkan rencana alternatif untuk melakukan eksekusi kegiatan.



5.      Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

Dalam mewujudkan program yang berdampak pada murid demi terciptanya lingkungan belajar  yang menyenangkan dengan hasil yang memuaskan tentu saya mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak diataranya Kepala sekolah,rekan guru, murid dan orang tua dan masyarakat sekitar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN SOAL IPA KELAS 3 SD SEMESTER 1

SOAL PAS PLH KELAS 5 SEMESTER 1